10 Mei 2013

Gerhana Matahari Jum'at 10/5/2013


Gerhana Matahari Sebagian bisa dilihat di wilayah Indonesia kecuali Sumatera Utara pada Jumat (10/5/2013) pagi. Beberapa astrofotografer berhasil mengabadikan fenomena menarik tersebut.

Salah satu foto terindah dihasilkan oleh Malik Nur Hakim. Astrofotografer ini mengabadikan gerhana Matahari sebagian dari wilayah Kintamani, Bali. Ia mengambil gambar dengan kamera Canon EOS 550D sekitar pukul 06.33 WITA.

Foto Malik menyuguhkan gerhana sesaat menjelang puncak gerhana. Tampak bagian sisi kanan piringan Matahari "dimakan" Bulan. Matahari tampak seperti bulan sabit namun lebih tebal. Foto Malik tampak pada gambar di atas.

Foto indah lain diabadikan oleh Joko Prasetiyo. Salah satu astrofotografer andal ini memotret gerhana dari wilayah Kudus, Jawa Tengah, pada pagi ini. Kamera dan spesifikasi foto tak diuraikan.

Foto Joko menunjukkan fase akhir gerhana Matahari sebagian hari ini. Telah diberitakan sebelumnya bahwa hanya fase ini yang bisa terlihat dari wilayah Jawa. Dalam foto, tampak sisi kanan bawah piringan Matahari "termakan" Bulan. Matahari tampak berbentuk tanduk.

0 comments:

Posting Komentar